Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Penentuan Idul Adha Sore Ini


Kementerian Agama RI akan menggelar sidang isbat Minggu sore ini untuk menentukan awal bulan Zul Hijjah 1436 hijriyah. Sidang akan digelar di gedung Kementerian Agama, jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat mulai pukul 17.00 WIB.

"Diawali dengan paparan posisi hilal dan konsolidasi pemantauan hilal dari tim hisab rukyat Kemenag," demikian keterangan tertulis dari Humas Kementerian Agama yag dikutip detikcom, Minggu (13/9/2015).

Usai pemaparan, selepas Magrib agenda utama sidang istbat yakni penetapan 1 Zul Hijjah yang dihadiri oleh tokoh agama, pimpinan Ormas Islam serta beberapa utusan Kedutaan Besar negara sahabat akan digelar secara tertutup.

Pukul 19:00 WIB akan digelar konferensi pers oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Sekjen Kementerian Agama tentang penjelasan hasil sidang itsbat penetapan awal bulan Zul Hijjah 1436 H.

Komite Pemantau Hilal di Uni Emirat Arab dan Arab Saudi sore ini juga akan bersama-sama melakukan observasi terhadap kemungkinan munculnya hilal.

Dikutip dari situs berita emirates247.com, hasil observasi itulah yang akan digunakan untuk menentukan awal bulan Zul Hijjah 1436. Sebelumnya para astronom memprediksi bahwa bulan Zul Qaadah hanya akan berjumlah 29 hari, sehingga tanggal 1 Zul Hijjah akan jatuh pada Senin , 14 September 2015.

Sebelumnya, Muhammadiyah sudah mengeluarkan maklumat hari raya Idul Adha 1436 Hijriah jatuh pada 23 September 2015. Sekretaris Umum (Sekum) Muhammadiyah Abdul Mu'ti menerangkan penetapan itu didasarkan pada penghitungan hisab hakiki wujudul hilal. Kemungkinan, Mu'ti menambahkan, Arab Saudi dan mayoritas organisasi Islam lainnya juga akan merayakan Idul Adha pada 23 September.

BTCClicks.com Banner
Previous
Next Post »
Thanks for your comment